Narasi

Tentang Menang Dan Kalah

Posted On
Posted By admin

Menang dan kalah adalah hari-hari yg dipergilirkan Allah di antara manusia. Menang ada syaratnya, kalah ada sebabnya.

Jika suatu saat kita merasa memiliki semua syarat kemenangan tapi kemudian kita kalah. Itu krn Allah tdk ingin kita ‘menisbatkan’ kemenangan kpd syarat2 manusiawi itu. Apalagi kpd kekuatan manusia semata, melainkan kpd diri-Nya sendiri.

Sebaliknya kalau kita merasa memiliki semua sebab kelalahan tp tiba2 menang. Itu krn Allah jg hendak memperlihatkan rahmat-Nya kpd yg lemah dan kuasa-Nya kpd yg kuat.

Allah yg menetapkan syarat2 kemenangan dan sebab2 kekalahan. Tp Dia jg yg menentukan hasil akhirnya.

Tapi di luar makna ‘kekuasaan mutlak’ dlm memberlakukan takdir-Nya, ada makna lain yg menyertainya. Ada ‘ilmu’ yg melingkupi segala sesuatu, ada ‘rahmat’ yg selalu mengalahkan murka-Nya dan ada ‘keadilan’ dalam menetapkan ketentuan-Nya.

Kuasa, ilmu, rahmat dan adil adalah makna2 yg menyertai semua takdir Allah yg kita saksikan dlm semua peristiwa kehidupan, termasuk dlm peristiwa menang kalah.

Yang ada dlm tangan manusia adlh kewajiban menenuhi syarat kemenangan, stlh itu berdoa memohon kemenangan dan jika Allah mengabulkannya, maka dgn penuh adab ia berkata, “Tiadalah kemenangan ini melainkan datangnya dari Allah.”

Tp jika ia kalah, maka dgn penuh adab pula ia berkata, “Semua ini krn kesalahan kami”

~ Anis Matta ~

Related Post

leave a Comment