Narasi

Sistem Merit

Posted On
Posted By admin

⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀
Dewasa ini, sistem merit menjadi populer dalam menjalankan pemerintahan. Mengangkat pejabat dengan acuan kompetensi ini menjadi topik yang cukup hangat.
⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀
Tidak hanya dalam pemerintahan, sistem merit pun akan sangat baik jika diterapkan pada sebuah Organisasi. Tujuannya agar Organisasi berjalan efektif dan produktif ketika spot-spot strategis diisi oleh yang berkompeten disitu.
⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀
Pada era Nabi Saw, beliau sebetulnya telah menerapkan sistem merit ini dengan sangat baik. Contohnya dalam sebuah riwayat, Nabi saw menunjuk Amr bin Ash menjadi panglima dalam sebuah pertempuran, yang di dalamnya terdapat Abu Bakar dan Umar, padahal dia baru 3 bulan masuk dalam barisan Islam.
⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀
Sempat ada perdebatan antara Umar dan Amr dalam beberapa keputusan yang Amr ambil ketika berperang. Hal itu diadukan kepada Abu Bakar, tapi Abu Bakar hanya berkata ikuti saja.
⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀
Setelah selesai berperang meraih kemenangan dan pulang ke Madinah, Umar langsung mengadukan hal-hal itu kepada Nabi, lalu Nabi menanyakan perihal hal tersebut kepada Amr. Amr menjawabnya dan Nabi membenarkan itu semua.
⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀
Ini menunjukan sistem merit, dimana Nabi menunjuk seseorang yang kompeten mengisi posisi strategis tanpa melihat seberapa lama dia sudah di dalam barisan. Dan hal ini terbukti efektif dengan hasil yang mencapai target.
⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀
Dalam organisasi modern pun hal ini harus diterapkan, apalagi dalam organisasi politik. Jadi orang yang memiliki potensi besar tidak harus memulai dari 0 lalu menunggu naik pangkat dan menunggu antrean yang mungkin sudah sangat panjang.
⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀
Oleh karena itu, sistem organisasi yang modern adalah sistem yang terbuka, membuka diri dengan mengoptimalkan person-person yang ada didalamnya untuk bisa berkontribusi banyak demi tujuan organisasi tanpa melihat embel-embel seperti ras, lamanya bergabung dll.
⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀
Salah satu Fokus utama Gerakan Arah Baru Indonesia adalah disini. Menempatkan Manusia pada tempatnya yang tepat, untuk efektifitas Organisasi.
⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀
~ Hudzaifah Muhibullah ~ (Putra Alm. Ust Taufik Ridlo)

Related Post

leave a Comment