Narasi

Lompatan Besar Arah Baru Indonesia dari NARASI ke GERAKAN

Posted On
Posted By admin

Dari NARASI ke GERAKAN

Lompatan besar Arah Baru Indonesia dari Narasi ke Gerakan Nyata adanya.

Sejak digaungkan 03 Februari 2018, Narasi Arah Baru Indonesia telah mendapat apresiasi publik.

Sebuah istilah baru yang coba di perkenalkan ke masyarakat Indonesia oleh Anis Matta.

Narasi Arah Baru Indonesia bukan narasi tanpa isi, bukan narasi tanpa argumentasi, bukan juga narasi tanpa eksperimentasi.

 

Narasi Arah Baru Indonesia adalah pemahaman panjang tentang sejarah Indonesia beserta tahapan-tahapan sejarah dan eksperimentasinya.

Dikaji secara mendalam, komprehensif serta melalui dialektika dengan berbagai macam disiplin ilmu.

Sebagai sebuah narasi baru, Narasi Arah Baru Indonesia adalah pokok-pokok pikiran, tetapi sangat mendasar dan memuat nilai-nilai historis, filosofis, ideologis dan komprehensif.

 

Dalam dialektikanya Narasi Arah Baru Indonesia menemukan 4 kata kunci :

  1. Agama
  2. Nasionalisme
  3. Demokrasi
  4. Kesejahteraan

Empat kata kunci ini bukan bersifat absolut dan stagnan.

Empat kata kunci ini dinamis, perlu elaborasi mendalam dan bertemu dengan uji pemikiran, argumentasi dan juga uji publik.

Empat kata kunci dalam Narasi Arah Baru Indonesia terbuka untuk di debat, dikritisi bahkan dibantah.

Tetapi dengan argumentasi dan pemikiran terbuka, dengan dialektika terus-menerus melibatkan banyak sudut pandang dan perspektif.

 

Dalam 4 kata kunci Narasi Arah Baru Indonesia, ada banyak value dan narasi turunan yang mencerahkan.

Ada value dan narasi tentang Nabi Yusuf AS; dari sumur menuju istana, ada tentang Nabi Sulaiman AS; ekspansi negara Sulaiman dan banyak kisah lainnya yang terinspirasi dari Al Quran.

Ada value dan narasi kebangsaan dari Bung Karno, value dan narasi pembangunan dari Suharto, dan banyak lagi value dan narasi dari sejarah Indonesia yang kaya.

 

Narasi Arah Baru Indonesia juga bukan semata-mata bicara tentang Indonesia, tetapi juga bicara tentang geo-politik dunia, karena Indonesia bagian dari dunia dan Insya Allah akan memimpin dunia.

Narasi Arah Baru Indonesia adalah pokok-pokok pikiran yang membangun optimisme untuk Indonesia dan masa depan peradaban.

 

Narasi Arah Baru Indonesia bukanlah hasil akhir, tetapi permulaan dalam membangun Indonesia yang lebih baik.

Dialektika pemikiran, elaborasi ide dan gagasan, dialog ideologi dan eksperimentasi negara harus terus-menerus dilakukan untuk mencapai titik puncak pertemuan antara agama, nasionalisme, demokrasi dan kesejahteraan.

 

Narasi Arah Baru Indonesia adalah anti-tesa status quo.

Narasi Arah Baru Indonesia = Move On.

Move on bukan dari arah lama tetapi move dari entitas yang tak punya arah.

Move on dari entitas yang hanya mengandalkan kejayaan masa lalu tanpa mau berfikir dan menatap masa depan.

 

Narasi Arah Baru Indonesia masih dalam pergulatan pemikiran dan dialektika gagasan, sampai mencapai situasi ideal.

Namun hari-hari ini, Narasi Arah Baru Indonesia sudah bertransformasi menjadi Gerakan Arah Baru Indonesia, sesuatu yang tak terduga oleh publik.

 

Belum selesai orang-orang status quo menghadang Narasi Arah Baru Indonesia, ternyata sudah menjelma menjadi sebuah gerakan. Gerakan yang relatif massif, melibatkan orang-orang muda, cerdas, kreatif dan milenial.

Tak terbendung.

Status quo masih berkutat dengan romantisme tentang kejayaan masa lalu. Berbangga-bangga dengan prestasi masa lalu yang ternyata bukan prestasi mereka.

Berpesta pora dengan jerih payah orang lain tanpa menghargai orang lain.

 

Narasi Arah Baru Indonesia sudah menjadi gerakan, sekali lagi ini arus yang tak bisa dibendung.

Semakin dibendung maka arus semakin menguat. Membendung arus kuat, sama saja memperbesar arus itu sendiri.

 

Content, konsisten, determinasi adalah karakter Gerakan Arah Baru Indonesia yang akan mengisi gelombang ketiga Indonesia.

 

Silakan caci, silakan nyinyir, silakan hadang, silakan bendung Gerakan Arah Baru Indonesia sekuat kalian. Gerakan ini tak akan padam, justru akan bersinar terang seterang matahari

 

Tidak ada penyesalan, tidak ada keraguan, tidak ada ketakutan sedikitpun, yang menyertai Gerakan Arah Baru Indonesia.

Langkah ini adalah langkah pasti menjemput takdir ilahi. Selalu menjaga kelurusan niat dan kebersihan tujuan untuk ridho ilahi selalu menyertai gerakan ini.

 

Merubah Cara Pandang

Yang pertama dan utama dalam Arah Baru Indonesia adalah merubah “mindset” (cara pandang).

“Shifting Mindset” (merubah cara pandang dan pemikiran) adalah hal yang mendesak. Mempertahankan mindset lama hanya akan mengembalikan Arah Baru Indonesia ke arah lama.

Shifting Mindset adalah sebuah lompatan besar, karena tidak semua orang siap dengan lompatan besar.

Karena lompatan besar membutuhkan pijakan yang kuat serta perlu melipatgandakan energi dan kesabaran, tidak semua orang siap.

 

Arah Baru Indonesia bukan untuk orang-orang ber-mindset lama, apalagi orang-orang yang memang nyaman dengan mindset lama, apalagi orang-orang yang memang tidak mau meninggalkan mindset lama.

Arah Baru Indonesia adalah narasi yang bertransformasi menjadi sebuah gerakan dengan cara pandang baru, yang lebih genuine, lebih optimis dan lebih milenial.

 

Gerakan Arah Baru Indonesia memiliki cara pandang yang baru tentang Indonesia dan masa depan Indonesia :

Gerakan Arah Baru Inidonesia adalah gerakan anak bangsa lintas ideologi, lintas etnis dan lintas budaya yang berambisi menjadikan Indonesia menjadi negara terbesar di Asia dan menjadi negara kekuatan ke lima dunia.

Gerakan Arah Baru Indonesia adalah gerakan yang menjadikan persatuan dan gotong-royong sebagai nilai dasar bergerak bersama-sama, tanpa diskriminasi dan tebang-pilih. Persatuan dan gotong royong adalah nilai dasar bangsa Indonesia dibawah naungan Pancasila dan UUD 1945.

Gerakan Arah Baru Indonesia adalah gerakan yang menjadikan integritas dan kompetensi adalah modal utama perubahan menuju Indonesia yang berperadaban tinggi, demokratis dan sejahtera.

 

Gerakan Arah Baru Indonesia adalah gerakan yang akan mengoptimalkan sumberdaya manusia dan sumberdaya alam yang dimiliki Bangsa Indonesia sehingga Indonesia mampu terbang tinggi menjadi salah satu lima kekuatan dunia.

Gerakan Arah Baru Indonesia adalah gerakan yang berambisi bahwa Indonesia mampu membangun kapasitas negara dalam bidang ekonomi, teknologi dan militer untuk memastikan kesejahteraan terdistribusi untuk rakyat secara adil.

Gerakan Arah Baru Indonesia adalah gerakan yang mengintegrasikan demokrasi dengan kesejahteraan. Demokrasi tanpa kesejahteraan atau kesejahteraan tanpa demokrasi bukanlah cita-cita bangsa kedepan.

Gerakan Arah Baru Indonesia adalah gerakan yang ingin memastikan pengelolaan negara dilakukan oleh orang-orang yang memiliki kompetensi dalam bidangnya. Negara harus dikelola oleh “ahli”-nya sehingga berfungsi optimal.

Gerakan Arah Baru Indonesia adalah gerakan yang membangun jiwa dan raga bangsa Indonesia. Bangunlah jiwanya, bangunlah raganya, itulah amanah dari lagu kebangsaan Indonesia Raya.

 

Dengan cara pandang baru yang lebih genuine, lebih optimis dan lebih milenial, Gerakan Arah Baru Indonesia ingin menyampaikan pesan harapan dan optimisme kepada bangsa Indonesia.

Semua pikiran-pikiran masa lalu yang hanya melahirkan dendam dan luka harus dikubur dalam-dalam untuk menuju Indonesia yang lebih baik.

Semua elemen bangsa harus menyatu, bergotong-royong dan bekerjasama untuk menyongsong Indonesia yang lebih religius, lebih nasionalis, lebih demokratis dan lebih sejahtera.

( Bersambung…. )

By : Irfan Enjo

 

 

Related Post

leave a Comment